OBE Program Studi

Program studi mengadopsi konsep Continous Improvement yang diadopsi dari ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).. Tiga jargon yang diaplikasikan di program studi adalah:  

  1. Program Educational Objectives (PEO) atau dikenal sebagai Profil Lulusan (PL). PEO dapat didefinisikan sebagai pernyataan yang bermakna luas menggambarkan apa yang diharapkan lulusan yang akan dicapai setidaknya lima tahun sebelum lulus. Program studi teknologi informasi memiliki dua PEO yakni PEO di bidang karir dan di bidang karakter. PEO ini disusun oleh konstituen yang meliputi dosen, pengelola prodi, hingga alumni. PEO diukur dengan menggunakan pendekatan indirect assessment. Informasi lengkap PEO dapat dikaji dalam dokumen kurikulum 2016. Instrumen perekaman dan pelacakan data PEO dikemukakan sebagai berikut:
    • Survei Alumni Senior. Survei ini ditujukan bagi alumni yang telah berkarir lebih dari sama dengan lima tahun. Survei ini didistribusikan pada acara-acara alumni melalui tautan http://sarjana.jteti.ugm.ac.id/akademik/survey/alumni-senior/. Survei ini akan mengukur ketercapaian PEO dan keselarasan visi-misi program studi terhadap perkembangan zaman.
    • Survei Pengguna Alumni. Survei ini ditujukan bagi organisasi yang memperkejakan alumni. Survei ini didistribusikan pada acara-acara seminar program studi yang melibatkan instansi lain yang memperkerjakan alumni. Survei ini didistribusikan melalui tautan http://sarjana.jteti.ugm.ac.id/akademik/survey/employer/. Survei ini akan mengukur ketercapaian PEO dan keselarasan visi-misi program studi terhadap perkembangan zaman.
  2. Student Outcomes (SO) atau dikenal juga sebagai Kompetensi Lulusan (KL). SO didefinisikan sebagai kompetensi yang didapatkan mahasiswa tepat pada saat mahasiswa lulus. SO memiliki 11 atribut kempotensi kelulusan yang memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan, dan afektif. SO diukur dan dievaluasi secara langsung melalui agregasi capaian pembelajaran yang mendukung SO serta indirect assessment melalui survei alumni muda. Sebelas SO yang dikemukakan dapat dikaji dalam dokumen kurikulum. Evaluasi SO dilakukan dengan cara sebagai berikut. 
    • Survei Exit Survey. Survei ini dirancang bagi lulusan muda yang akan wisuda atau yudisium. Survei ini dilakukan setelah menyelesaikan ujian komprehensif dan tengah mempersiapkan wisuda. Survei ini akan mengevaluasi SO dan juga kualitas layanan prodi. Survei bisa diakses melalui http://jteti.ugm.ac.id/evaluasidiri/tracer_alumni/ 
    • Survei alumni muda. Survei ini dirancang bagi lulusan muda yang tengah bekerja dengan karir di bawah lima tahun. Survei ini didistribusikan secara berkala setiap tahun ajaran melalui media sosial atau pertemuan alumni. Survei ini akan mengevaluasi SO dan kualitas layanan prodi. 
  3. Learning Outcomes (LO) atau di kenal juga sebagai Capaian Pembelajaran (CP). LO didefinisikan sebagai capaian pembelajaran di setiap mata kuliah. LO diukur dan dievaluasi melalui hasil penilaian assessment kuliah.

Chat Bot