Laboratorium

 

Lab. Teknik Elektro Dasar

Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Teknik Elektro Dasar yang memberikan pemahaman melalui pengamatan di Laboratorium bagi mahasiswa di tahun pertama. Laboratorium ini juga mendukung kegiatan-kegiatan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Kembali ke atas

 

Lab. Elektronika Dasar

Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Dasar Elektronika bagi seluruh mahasiswa, dan mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Go to: Website Lab. Elektronika Dasar

Kembali ke atas

 

Lab. Instalasi Listrik

Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Teknik Instalasi Listrik bagi seluruh mahasiswa. Juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat

Kembali ke atas

 

Lab. Teknik Tenaga Listrik

Tugas laboratorium ini adalah mengkelola kegiatan praktika dalam bidang konversi energi listrik, pengendali mesin-mesin listrik, dan praktika transformator. Laboratorium ini juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kembali ke atas

 

Lab. Teknik Tegangan Tinggi

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium ini meliputi pengujian sistem isolasi tegangan tinggi, pengujian peralatan tegangan tinggi, baik untuk pelaksanaan praktika maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kembali ke atas

 

Lab. Sistem Digital

Kegiatan praktika di laboratorium ini meliputi Sistem Digital, transfer data, pemrograman dan I/O, Teknik Interupsi dan pengembangan untai kombinatorial dan sekuensial.

Kembali ke atas

 

Lab. Informatika dan Komputer

Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika dalam bidang teknik komputer dasar, pemrograman komputer dan struktur data, penelitian dan pengembangan sistem komputer (perangkat keras dan perangkat lunak), penerapan metodologi kecerdasan buatan/sistem pakar dalam berbagai bidang, aplikasi grafika komputer dan antarmuka grafis. Juga untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kembali ke atas

 

Lab. Instrumentasi dan Kendali

Kegiatan yang dicakup adalah praktika servomekanika dan instrumentasi industri, pengembangan peralatan dan sistem instrumentasi, teknik kendali berdasar mikroprosesor, penelitian kepekaan, dan pengembangan perangkat lunak untuk pengendalian. Laboratorium ini mendukung kegiatan penelitian mahasiswa dan staf pengajar.

Kembali ke atas

 

Lab. Telekomunikasi dan Teknik Frekuensi Tinggi

Kegiatan di laboratorium ini mencakup praktika Teknik Telekomunikasi dan Frekuensi Tinggi dengan pengenalan peralatan-peralatan telekomunikasi dasar dan lanjut, dan digital, serta peralatan frekuensi tinggi. Laboratorium ini juga dapat mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang komunikasi.

Kembali ke atas

 

Lab. Elektronika Lanjut

Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktika Elektronika Lanjut (Analog dan Digital) bagi mahasiswa tingkat menengah dan mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan untai-untai elektronis untuk sistem komunikasi dan instrumentasi.

Kembali ke atas

 

Lab. Sistem Elektronis

Kegiatan yang diselenggarakan mencakup penelitian dalam bidang telekomunikasi, penelitian tentang isyarat dan informasi, pengolahan isyarat dan citra, dan pengujian peralatan komunikasi. Laboratorium ini berorentasi pada kegiatan penelitian para mahasiswa tingkat akhir dan staf pengajar.

Kembali ke atas

 

Lab. Transmisi dan Distribusi

Laboratorium ini dikembangkan untuk memberikan pemahaman praktis tentang watak operasi sistem tenaga dalam keadaan normal dan dalam keadaan gangguan. Juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kembali ke atas

 

Lab. Jaringan Komputer

Laboratorium ini mengelola Praktikum jaringan komputer yang terdiri dari beberapa topik sbagai berikut:
a) IP Address, Subnetting, VLSM dan IP Assignment
b) Mekanisme ARP dan DNS serta Hands-on Crimping Cable
c) Mekanisme DHCP dan NAT
d) Routing Protocol (static & dynamic routing protocol)
e) Instalasi Web Server, DNS Server, Database Server dan FTP Server
f) Instalasi DNS Server sebagai Master dan Slave

Kembali ke atas

 

Lab. Microsoft Innovation Center

Microsoft Innovation Center adalah organisasi riset independen hasil kerjasama PT. Microsoft Indonesia dengan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM. Berbekal dengan visi untuk menumbuhkan inovasi pengembangan perangkat lunak lokal serta mewujudkan local software economu, MIC hadir dengan rangkaian program dan layanan yang akan membantu akademisi, UKM, hingga perusahaan untuk mengutilisasi teknologi informasi. Perogram dari MIC seperti self-improvement, skill accelerator, Microsoft IT Academy, Student 2 Business, dll.

Kembali ke atas

 

Lab. CISCO

CNA DTETI FT UGM adalah program pelatihan SDM bidang Teknologi Informasi berbasis blended learning (E-learning dan face to face). Peserta pelatihan mendapatkan materi pembelajaran berbasis multimedia dan ujian secra online dengan kurikulum berstandard internasional. Setelah selesai pembelajaran peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat kelulusan pelatihan internasional. Bersama Pearson Vue, CNA juga menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional bidang TI.

Kembali ke atas

 

Lab. Schneider Electric Training Center

Merupakan tempat pusat pelatihan PLC Schneider di Yogyakarta yang dimiliki oleh UGM dan kerjasama dengan PT Schneider Electric Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan mencakup pelatihan bagi guru atau siswa SMK, mahasiswa dan perusahaan serta berbagai penelitian tentang sistem kontrol dan automasi industri, Fasilitas yang didukung antara lain PLC Twido da Modicon, Human-machine Interface (HMI), serta Altivar.

Kembali ke atas