Agenda

Kickstart Joint Intership Program antara DTETI UGM, Toyohashi Univ. Tech. (TUT) Jepang, dan YLabs

Pada hari Senin, 10 Januari 2022 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) Universitas Gadjah Mada bersama dengan Toyohashi Univ. Tech (TUT) Jepang, dan YLabs melaksanakan pertemuan daring guna melaksanakan kickstart join internship antar institusi, yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari masing-masing institusi di antaranya: Prof. Jun Miura, Yuya Takagi,  Ryo Inagaki, perwakilan dari DTETI, dan YLabs (sebagai pengembang platform Klinikoo).

KLINIKOO adalah platform digital kesehatan gigi dan mulut pertama dan terlengkap. Misi misinya adalah tidak ada lagi masyarakat yang memiliki masalah gigi dan mulut. Guna menjalankan misi tersebut, layanan KLINIKOO setia mendampingi keseharian masyarakat dalam perawatan gigi dan mulut, termasuk sebelum, saat, dan setelah kunjungan ke dokter gigi.

YLabs adalah perusahaan yang bertujuan membantu orang mengembangkan dan mengelola produk digital mereka, mengatur persyaratan teknologi mereka juga dengan menyediakan beberapa layanan.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Ir. Hanung Adi Nugroho, S.T., M.E., Ph.D., IPM selaku Ketua Departemen DTETI FT UGM dengan didampingi Sekretaris Departemen Ir Lesnanto Multa Putranto, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., yang intinya beliau menyambut baik adanya kegiatan internship yang melibatkan dua perguruan tinggi ini, diharapkan dari peserta internship yang merupakan mahasiswa dari masing-masing institusi dapat mengembangkan dirinya dengan terlibat langsung terhadap project rill yang dikembangkan oleh YLabs dengan Klinikoo-nya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan presentasi singkat dari YLabs mengenai timeline project Klinikoo yang harus dilalui oleh masing-masing mahasiswa peserta internship dari kedua Universitas.

Kegiatan internship ini direncanakan berjalan selama dua bulan, yaitu pada Bulan Januari dan Februari 2022. Setelah kickoff ini akan segera dilanjutkan dengan kegiatan lain yang telah tersusun dalam timeline ketat yang sudah ter-breakdown secara runtut beserta dengan capaian per minggu. Dalam menyelesaian project, masing-masing mahasiswa bekerja secara offline di institusi masing-masing, dan secara terjadwal akan dilakukan meeting secara online antara mahasiswa, Klinikoo, dan Supervisor.

Diharapkan bahwa dengan adanya internship program antar institusi tersebut dapat lebih menghidupkan iklim akademik khususnya di DTETI FT UGM, dan menyelaraskan sinergi antara dunia akademik dan dunia industri sehingga diharapkan kelak lulusan perguruan tinggi lebih siap dalam memasuki dunia kerja. (-abw-)

Tanggal
Senin, 10 Januari 2022
Waktu
08.00
Tempat
daring

Lihat selengkapnya

Bulan Data DTETI

Sebagai bagian dari salah satu upaya mempertahankan akreditasi yang sudah diraih sampai dengan hari ini, kami memerlukan dukungan penuh dari seluruh mahasiswa dan alumni guna bersama-sama meraih hasil yang terbaik. Data apa saja yang perlu disupport oleh mahasiswa dan alumni pada setiap tahunnya sebagai civitas akademika DTETI FT UGM?

  1. Data Prestasi (silakan klik untuk mengisi jika memiliki)
  2. Data Exchange Student (silakan klik untuk mengisi jika memiliki)
  3. Kuesioner Kepuasan dari mahasiswa (diinformasikan Prodi), alumni (melalui SIMASTER UGM), dan isian dari pimpinan tempat alumni bekerja (diinformasikan Prodi).

Semoga kita bersama-sama mampu untuk mempertahankan akreditasi seluruh Prodi di DTETI sehingga mampu berkompetisi dengan Perguruan Tinggi lain di Indonesia, dan tetap menjadi yang terbaik.

Mohon bantuan untuk dapat menyebarkan informasi ini seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa yang saat ini masih aktif menjadi mahasiswa DTETI. 

Apabila menemui kendala dalam pengisian mohon bisa segera menghubungi nomor WA 08112528811

Terima kasih,

Tanggal
Rabu, 08 September 2021

Lihat selengkapnya

Webinar KATETIGAMA 2: Smart Technology untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Webinar KATETIGAMA #2
Smart Technology untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Keynote Speech:
Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah, Ketua Umum KAGAMA) *dalam konfirmasi

Narasumber:
1. Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D. (Pakar Bidang Smart City & e-Gov DTETI FT UGM)
2. Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. (Pakar bidang IoT & Smart System DTETI FT UGM)
3. Bondan Susilo, S.T. (Dept Head ESR Dividion PT Astra Internasional Tbk)

Minggu, 5 September 2021
Pukul 18.30 WIB – Selesai

Link Zoom Meeting:
Bit.ly/webinarADTETI
Meeting ID: 844 6261 1471
Password: 839141

Terbuka untuk seluruh Mahasiswa dan Alumni DTETI FT UGM

Tanggal
Minggu, 05 September 2021
Waktu
18.30
Tempat
bit.ly/webinarADTETI

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Kebijakan Energi Nasional

Pada hari Jum’at tanggal 23 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa kuliah Kapita Selekta dengan tema Hak Kekayaan Intelektual yang diisi oleh Dr. Ahmad Agus Setiawan, seorang tenaga Profesional Staf Presiden pada Deputi I Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Energi dan Infrastruktur,Staf Pengajar pada Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM, dan juga merupakan Alumni DTETI UGM 1993. Kuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu yang dipelajari dalam kurikulum pendidikan DTETI FT UGM.

Tanggal
Jumat, 23 April 2021
Waktu
08.00
Tempat
Online

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Hak Kekayaan Intelektual

Pada hari Jum’at tanggal 16 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa kuliah Kapita Selekta dengan tema Hak Kekayaan Intelektual yang diisi oleh Prof. Tomy Suryo Utomo, seorang pakar HKI, Guru Besar dari Universitas Janabadra dan juga dosen FH UGM. KKuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu yang dipelajari dalam kurikulum pendidikan DTETI FT UGM.

Dalam kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan Hak Kekayaan Intelektual, ditinjau dari aspek teoritis, legal, dan komersial. Pembicara menekankan bahwa sebagai calon engineer mahasiswa sangat penting mengetahui tentang apa dan bagaimana hak kekayaan intelektual diterapkan, supaya di masa yang akan datang mahasiswa tidak terjebak dalam persoalan hukum maupun dirugikan secara ekonomi hanya karena awam terhadap persoalan Hak Kekayaan Interltual tersebut. Menurut pembicara dunia engineering sangat banyak bersinggungan dengan aspek hak kekayaan intelektual ini. 

Setelah kurang lebih berlangsung selama 2,5 jam acara ditutup dan diakhiri oleh Dr. Prapto Nugroho. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa agar tidak melupakan aspek hak kekayaan intelektual ini dalam setiap aktifitas yang menerapkan keahliaanya di bidang engineering. Berhati-hati supaya tidak menabrak berbagai regulasi yang ada, namun juga jeli memanfaatkan peluang guna mendapatkan manfaat keekonomian yang mungkin dapat dihasilkan dari keahliannya dalam bidang engineering.

 

Tanggal
Jumat, 16 April 2021
Waktu
08.00
Tempat
Online

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Socio Entrepreneurship

Pada hari Jum’at tanggal 26 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa kuliah Kapita Selekta dengan tema Socio Entrepreneurship yang diisi oleh Liris Maduningtyas dari Jala Tech (beliau juga merupakan alumni DTETI). Kuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu yang dipelajari dalam kurikulum pendidikan DTETI FT UGM.

Dalam kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan apa dan bagaimana Socio Entrepreurship dikembangkan. Mengacu pada pengalaman pembicara dalam mengembangkan Jala Tech sebagai sebuah start up yang dapat dikatakan memiliki posisi yang cukup baik saat ini, pembicara mencoba mengajak mahasiswa untuk membuka diri untuk tidak terkungkung dalam dunia enginering saja. Menjadi sebuah kepuasan dan kebanggaan tersendiri ketika dengan latar belakang engineering mampu untuk berkontribusi dalam memberi solusi terhadap berbagai persoalan di masyarakat.

Setelah kurang lebih berlangsung selama 2,5 jam acara ditutup dan diakhiri oleh Ibu Dr. Silmi Fauziati. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa agar mampu menangkap peluang dengan baik, dan tidak membatasai diri karena kesempatan di luar sana yang memerlukan peran engineer sangat terbuka lebar.

Tanggal
Jumat, 26 Maret 2021
Waktu
08.00
Tempat
Online

Lihat selengkapnya

Sosialisasi Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) Fakultas Teknik 2021

Berikut diinformasikan agenda sosialisasi program Pascasarjana (Magister dan Doktor) FT 2021. Bagi yang berminat dipersilakan mengikuti sesuai pengumuman dalam poster terlampir.

Khusus bagi Alumni DTETI, diinformasikan adanya kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Alumni (berupa UKT 50%) dengan syarat dan ketentuan berlaku (syarat dan ketentuan akan diinformasikan kemudian secara khusus). Info lebih lanjut tentang beasiswa Alumni DTETI (Sarjana ke Magister) berupa UKT 50% bisa menghubungi Pak Sonny di 08112528811.

Tanggal
Kamis, 08 April 2021
Waktu
09.00 - 11.00
Tempat
online sesuai poster

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Peran IT Dalam Transformasi Digital di lingkungan BPJS Kesehatan

Pada hari Jum’at tanggal 19 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa kuliah Kapita Selekta dengan tema Peran IT Dalam Transformasi Digital di lingkungan BPJS Kesehatan yang diisi oleh Muhammad Ikhsan Rashid, S.H., S.T. dari BPJS Kesehatan Cabang Kebumen (beliau juga merupakan alumni DTETI 2009). Kuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu yang dipelajari dalam kurikulum pendidikan DTETI FT UGM.

Dalam kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan apa dan bagaimana BPJS menjalankan amanah yang diberikan oleh negara dalam mengelola jaminan sosial khususnya kesehatan kepada masyarakat. Pembicara menyampaikan bahwa meskipun secara umum di BPJS lebih banyak bersinggungan dengan hal-hal yang bersifat non engineering, akan tetapi ada beberapa hal yang saat ini memerlukan improvisasi secara engineering, khususnya dari dimensi teknologi informasi. Diharapkan dengan adanya sentuhan improvisasi secara teknologi informasi maka hal tersebut akan sangat membantu performa BPJS dalam rangka meningkatkan kinerja dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Setelah kurang lebih berlangsung selama 2,5 jam acara ditutup dan diakhiri oleh Ibu Dr. Silmi Fauziati. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa agar mampu menangkap peluang dengan baik atas berbagai peluang yang ditawarkan oleh pembicara pada sesi kali ini.

Tanggal
Jumat, 19 Maret 2021
Waktu
08.00
Tempat
Zoom DTETI

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Teknologi Pangan dan Ketahanan Pangan Hasil Ternak

Pada hari Jum’at tanggal 12 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa Kuliah Kapita Selekta dengan tema: Teknologi Pangan dan Ketahanan Pangan Hasil Ternak secara daring yang diisi oleh Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng dari Fakultas Peternakan UGM. Kuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu yang dipelajari dalam kurikulum pendidikan DTETI FT UGM.

Banyak hal yang ditawarkan dalam perkuliahan ini yang memerlukan keterlibatan dari disiplin ilmu teknik elektro maupun teknologi informasi, yang sekiranya akan sangat membantu terhadap berbagai inovasi dalam dunia peternakan di Indonesia pada khususnya.

Setelah kurang lebih berlangsung selama 2,5 jam acara ditutup dan diakhiri oleh Ibu Dr. Silmi Fauziati. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa agar nantinya ke depan sangat perlu untuk mempersiapkan diri untuk mampu bersinergi dengan berbagai lintas bidang ilmu supaya penguasaan ilmu yang telah didapatkan dari DTETI akan lebih dirasakan impact-nya bagi dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat luas pada umumnya.

Tanggal
Jumat, 12 Maret 2021
Waktu
08.00
Tempat
zoom meeting

Lihat selengkapnya

Kapita Selekta: Sosiologi Korupsi

Pada hari Jum’at tanggal 5 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan berupa KAPITA SELEKTA - Sosiologi Korupsi secara daring yang diisi oleh Prof. Dr. Sunyoto Usman dari Fakultas ISIPOL UGM. Kuliah Kapita Selekta ini memang salah satu dari kurikulum khusus yang diberikan kepada mahasiswa DTETI sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan terhadap berbagai pengetahuan di luar disiplin ilmu keteknikan.

Dalam kuliah ini mahasiswa banyak diperkenalkan dengan konsep-konsep sosiologis terhadap berkembanganya korupsi di Indonesia. Kiranya materi ini sangat penting diberikan kepada mahasiswa DTETI meskipun hal ini berada di luar dimensi ilmu keteknikan, karena diharapkan dengan mengenal dan mengetahui bagaimana korupsi berkembang di Indonesia maka mahasiswa akan memiliki bekal untuk mawas diri agar tidak terjerumus di dalamnya.

Setelah kurang lebih berlangsung selama 2,5 jam acara ditutup dan diakhiri oleh Ibu Dr. Silmi Fauziati. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa agar nantinya ke depan sangat perlu untuk menjaga integritas diri di mana pun berada.

Tanggal
Jumat, 05 Maret 2021
Waktu
08.00
Tempat
zoom meeting

Lihat selengkapnya

05 Agustus 2016  |    

 

 

 



Chat Bot