Juara 3 kategori Home Lomba Inovasi Produk Enjinia Nusantara (LIPEN) 2014

22 August 2016  |    Prestasi Mahasiswa

Pada tanggal 21-23 November 2014 telah berlangsung acara pelatihan kewirausahaan sekaligus grand final lomba inovasi produk Lipen 2014 yang bertempat di Hotel Horison, Bogor. Acara ini terselenggara atas kerja sama dariĀ  Enjinia Nusantara (komunitas profesional Indonesia yang bekerja di Jepang) dan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta didukung berbagai pihak: LIPI, KBRI Tokyo, KJRI Osaka, Nanocenter Indonesia, Jmax Indonesia, MM2100 Industrial Town, dan lain-lain. Melalui acara ini diharapkan dapat lahir banyak technopreneur baru yang mampu membuka lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi, demi tercapainya target membawa Indonesia menjadi 7 besar negara ekokomi dunia pada tahun 2030.

Dalam kompetisi lomba inovasi produk, terdapat tiga kategori : produk IT, produk rumah tangga serbaguna, serta produk hemat energi &ekonomis. Sebelumnya telah berhasil terkumpul 430 proposal ide yang berasal dari total 1435 mahasiswa peserta dari 34 jurusan dan 53 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Seluruh proposal ide tersebut lalu diseleksi menjadi 35 proposal dan akhirnya dipilih 3 proposal tiap kategori untuk dipertandingkan di babak grand final. Pada babak grand finalĀ  akan ditentukan juara 1, 2, 3, dan juara harapan dari tiap kategori. Di samping itu, produk yang dinyatakan layak dapat mengikuti program inkubasi dan pendampingan usaha dari Pusat Inovasi LIPI.

Pada babak grand final yang bertajuk 'Olimpiade Monozukuri', satu-satunya wakil UGM, tim Kreatif Innovatif yang beranggotakan :
Hisyam Fakhri (TE 2012)
Budi Azhari (TE 2012)
Kukuh Daud Pribadi (TE 2012)
Muhammad Rifa'i Putra Sugita (TE 2012)
Ilham Maulana Himawan (TE 2012)
berhasil meraih juara 3 dan berhak atas hadiah sebesar 14 juta rupiah serta bantuan modal dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Link: http://enjinianusantara.org/v2/lomba-inovasi-produk-enjinia-nusantara-sebagai-cikal-bakal-gerakan-monozukuri-indonesia/