Persembahan Perunggu International Robot Competition 2014 Humanoid Competition untuk Indonesia

22 August 2016  |    Prestasi Mahasiswa

Gadjah Mada Robotics Team kembali mendapatkan kesempatan untuk berlaga di panggung internasional. Kompetisi tahunan yang diadakan oleh Korea Institute for Robot Industry Advancement kali ini berlangsung pada tanggal 23-26 Oktober 2014 di Kintex Hall, Ilsan, Korea Selatan. International Robot Competition 2014 – Humanoid Competition mengundang Gadjah Mada Robotic Team sebagai wakil dari Indonesia. Dalam kontes tersebut terdapat beberapa kategori perlombaan yang diikuti oleh Tim Alfarobi, diantaranya adalah track, handball, weight lifting, gymnastic, Curling, boxing, fight, royal rumble, dan dancing untuk kidsize robot.

Persiapan hingga keberangkatan Tim Alfarobi didampingi oleh dosen pembimbing Bakhtiar Alldino S. S.Si., M.Cs., Dr. Eng. Herianto, S.T, M.Eng., Adha Imam Cahyadi, S.T., M.Eng., D.Eng dan Farahiyah Syarafina (Teknik Elektro 2011) selaku manajer tim . Berikut ini adalah Tim Alfarobi yang merupakan perwakilan dari Gadjah Mada Robotic Team,

1. Ridlo Nur Rahman (Teknik Elektro 2011)

2. Bayu Kanugrahan Luknanto (Teknik Elektro 2011)

3. Dzikri Purnama Sigit (Elektronika dan Instrumentasi 2011)

4. Fahmi Akbar Wildana (Elektronika dan Instrumentasi 2011)

5. Ragil Sulistiyo (Teknik Mesin 2011)

Hasil perolehan akumulasi nilai dari 10 kategori yang diikuti dalam IRC 2014 memberikan hasil bahwa Indonesia berhak mendapatkan medali perunggu. Menghadapi tim dari Jepang, Korea, Amerika Serikat, Hong Kong, Malaysia, dan negara-negara lainnya merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi Tim Alfarobi.

Perjuangan tim ini hingga mampu berlaga di Negeri Gingseng tidak lepas dari peran seluruh anggota tim robot yang memberikan bantuan teknis pembuatan robot dan persiapan non teknis. Dukungan berupa pendanaan juga telah diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan UGM dan Fakultas MIPA.

Semoga prestasi kecil ini dapat memberikan hikmah dan inspirasi untuk segenap insan Gadjah Mada.