Tim PKM-K "My Teacher Tangram" Raih Perunggu PIMNAS ke 28

22 August 2016  |    Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTETI FT UGM) sumbangkan perungku kategori PKM-K pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 yang digelar di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). ketua tim juri Andang Subaharianto, Kamis (8/10/2015) malam, mengumumkan bahwa tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan) My Teacher Tangram, yang di ketuai oleh Muhamad Randi Ritvaldi dari Teknik Elektro, dengan anggota Verdiaz Refikhanata dan Urfan Qinthara dari Teknik Elektro, Tyas Nurul Hidayati dari Teknik Industri, dan Naufi Ulumun Nafiah dari Fakultas Psikologi dengan dosen pembimbing Avrin Nur Widiastuti, S.T,M.Eng. berhasil meraih perunggu.


My Teacher Tangram merupakan sebuah produk yang diusung dalam rangka mencerdaskan anak Indonesia melalui permainan edukasi.  Produk ini terbuat dari bahan akrilik yang dihadirkan dalam tampilan bentuk menyerupai puzzle dengan 7 potongan dengan beragam bentuk dan warna untuk dirangkai menjadi beragam bentuk menyerupai benda disekitar sehingga tangram ini cukup berperan dalam membantu anak memvisualisasikan dan mengenal benda benda yang ada disekitar. Untuk satu produk tangram My Teacher tersedia dalam kemasan produk tangram yang dilengkapi dengan buku panduan berisikan informasi petunjuk permainan dalam membentuk 50 gambar disertai dengan panduan kosakata dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Cara permainan tangram ini juga tergolong mudah dan dirancang dengan usabilitas yang sesuai untuk anak pada usia 4-7 tahun. Ketika bermain, sang anak akan menebak dan mencoba coba bentuk potongan yang digabungkan menjadi satu pola besar berbentuk benda disekitar, hal ini akan memancing rasa ingin tahu dan memancing anak untuk terus berkreasi selain untuk memacu kognitif anak untuk mengenal benda benda disekitar. Produk tangram My Teacher ini juga telah mendapat dukungan dari beberapa stakeholder terkait, salah satunya yakni dukungan dari Dr. Mei Neni Sitaresmi, Dokter spesialis tumbuh kembang anak yang menyatakan bahwa Tangram My Teacher ini merupakan mainan edukasi yang baik bagi anak di masa pertumbuhanya, My Teacher tangram sebagai permainan yang sangat tepat untuk memancing rasa ingin tahu anak dan meningkatkan pola pikir anak melalui bentuk bentuk yang bervariasi.


“Untuk pemasaran produk My Teacher sendiri sudah tersedia di kota Yogyakarta, Bogor, Solo, dan Jakarta. Untuk target kedepanya kami akan memperluas wilayah pemasaran ke beberapa kota besar lainya di dan juga pengurusan paten untuk prduk My Teacher tangram edukasi ini”, Tutur Randi selaku ketua tim PKM-K My Teacher.